Rabu, 23 November 2011

Stele

Stele adalah bagian sentral dari akar atau batang yang berisi jaringan yang berasal dari prokambium tersebut. Ini termasuk jaringan pembuluh darah , dalam beberapa kasus jaringan dasar ( empulur ) dan pericycle suatu, yang, jika ada, mendefinisikan batas terluar dari stele itu. Stele luar itu terletak endodermis , yang merupakan lapisan sel terdalam korteks.
Protostele 
Paling awal tumbuhan vaskular memiliki batang dengan inti sentral jaringan vaskular. Ini terdiri dari untai silinder dari xilem , dikelilingi oleh wilayah floem . Sekitar jaringan vaskular mungkin ada telah menjadi endodermis yang mengatur aliran air masuk dan keluar dari sistem vaskular. Pengaturan semacam ini disebut sebuah protostele.
Ada tiga jenis dasar protosteles:
haplostele - terdiri dari inti silinder dari xilem dikelilingi oleh cincin floem. endodermis Sebuah umumnya mengelilingi prasasti itu. Sebuah centrarch (protoxylem di tengah silinder metaxylem) haplostele lazim di anggota kelas rhyniophyte, seperti Rhynia .
actinostele - sebuah variasi dari protostele di mana intinya adalah lobed atau bergalur. Prasasti ini ditemukan di banyak spesies lumut klub ( Lycopodium dan genera terkait). Actinosteles biasanya exarch (protoxylem eksternal untuk metaxylem) dan terdiri dari beberapa banyak patch protoxylem di ujung dari lobus dari metaxylem tersebut. protosteles Exarch adalah ciri khas garis keturunan lycophyte.
plectostele - sebuah protostele di mana-seperti daerah sepiring xilem muncul di bagian melintang dikelilingi oleh jaringan floem. Bahkan, piring diskrit saling berhubungan dalam bagian membujur. Beberapa lumut klub modern plectosteles dalam mereka batang. plectostele mungkin berasal dari actinostele tersebut.
Siphonostele 
Siphonosteles memiliki wilayah jaringan dasar yang disebut empulur internal untuk xilem. Untai vascular terdiri dari silinder sekitar empulur ini. Siphonosteles sering memiliki gangguan dalam untai vaskular di mana daun (biasanya megaphylls) berasal (kesenjangan daun disebut). 
Siphonosteles dapat ectophloic (floem hadir hanya di luar xilem) atau mereka dapat amphiphloic (dengan floem baik eksternal dan internal untuk xilem beberapa. Hidup antara banyak tanaman, pakis dan Asterid tanaman berbunga memiliki prasasti amphiphloic. 
Sebuah siphonostele amphiphloic bisa disebut sebagai: 
solenostele - jika silinder jaringan vascular berisi tidak lebih dari satu celah daun dalam setiap bagian melintang (yaitu memiliki non-overlapping kesenjangan daun). Jenis prasasti terutama ditemukan di pakis batang hari ini. 
dictyostele - jika beberapa kesenjangan dalam silinder vaskuler ditemui di bagian melintang satu. Kesenjangan daun banyak dan daun memberikan jejak dictyostele sebuah tampilan pulau terisolasi banyak xilem dikelilingi oleh floem. Setiap unit tampaknya terisolasi dictyostele bisa disebut sebuah meristele. Di antara tanaman yang hidup, jenis ini hanya ditemukan prasasti di batang pakis. 
Sebagian besar menanam benih batang memiliki susunan pembuluh darah yang telah ditafsirkan sebagai siphonostele diturunkan, dan disebut 
eustele - dalam pengaturan ini, jaringan vaskular primer terdiri dari ikatan pembuluh , biasanya dalam satu atau dua cincin di sekitar empulur ini. Selain ditemukan di batang, eustele muncul di akar dari monokotil tanaman berbunga. Ikatan pembuluh di eustele bisa menjadi kolateral (dengan floem hanya pada satu sisi xilem) atau bicollateral (dengan floem di kedua sisi xilem, seperti di beberapa Solanaceae). 





Ada juga varian pada eustele ditemukan dalam monokotil seperti jagung dan gandum . Variasi ini memiliki banyak berkas yang tersebar di batang dan disebut atactostele sebuah. Namun, itu benar-benar hanya varian dari eustele tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar